Pelatih Kota Serang Penuh ”Perbekalan”

SERANG, (HUMAS).- Pelatih cabang olah raga (cabor) di Kota Serang dipastikan telah memiliki perbekalan kualitas yang mumpuni, menjelang keikutsertaan kontingen Ibu Kota Banten tersebut di ajang Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) V Banten November mendatang. Hal itu dipastikan usai mereka mengikuti Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Pelatih, yang diselenggarakan di salah satu hotel di Kota Serang, Sabtu (15/9/2018).

Berdasarkan hasil dari bintek tersebut, para pelatih jadi mengetahui bagaimana mempersiapkan psikologi atlet jelang dan saat kompetisi. Lalu juga mengatur periodisasi latihan lanjutan yang tepat.

Pelatih biliar Kota Serang, Rival Azizdzueni mengatakan, jika soal teknik dan fisik bisa digenjot. Namun jika sudah soal psikologi, itu berbeda. Berpengaruh terhadap mental atlet. “Jadi butuh penanganan berbeda dan pendeketan yang lebih intens dengan atlet,” ujarnya.

Menurut dia, apa yang disampaikan pemateri tentang periodisasi latihan lanjutan dan soal kesiapan psikologi atlet pada kompetisi sangat tepat.

“Jujur, awalnya saya sedikit bingung juga. Mental atlet kita harus dijaga dengan baik. Soalnya, kita bertarung di kandang ‘macan’. Tapi, dengan adanya bintek seperti ini, jadi paham apa yang harus kami lakukan kedepannya,” ucapnya.

Hal senada disampaikan pelatih futsal Kota Serang, M Agung Hardi. Menurutnya, meningkatnya stres dalam pertandingan dapat menyebabkan atlet bereaksi secara negatif, baik dalam hal fisik maupun psikis. Sehingga kemampuan olah raganya menurun. Soalnya, atlet dapat menjadi tegang, denyut nadi meningkat, berkeringat dingin, cemas akan hasil pertandingannya, dan merasakan sulit berkonsentrasi.

“Ini kan tidak bisa dipelajari secara otodidak. Saya harapkan bintek seperti ini bisa terus digelar. Tak hanya jelang porprov saja, melainkan rutin untuk meningkatkan prestasi olah raga Kota Serang,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Kota Serang, Deni Arisandi menuturkan, pihaknya menyiapkan kontingen Porprov V Banten secara keseluruhan. “Dari atlet dan pengetahuan pelatih terus kami tingkatkan. Kami tidak ingin main-main. Mahkota juara porprov harus bisa dipertahankan pada tahun ini, jadi butuh persiapan matang,” katanya. (Arif)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *